Jumat, 21 Januari 2011

BE A LEADER

It's great to be a leader. Dihormati anak buah, mengkomando anak buah, tinggak mengecek pekerjaan anak buah, bisa marah-marah, dll. This is not true.

Hormat nggak didapat seseorang hanya karena dia punya jabatan sebagai pemimpin lho. Seorang pemimpin harus bisa jadi yang paling menguasai bidang yang dia pimpin, punya jawaban dan bisa menjawab semua pertanyaan dari anak buah dan punya tingkat percaya diri yang tingginya selangit. Jadi, seharusnya pemimpin itu harus bekerja 500 kali lebih keras dan giat daripada anak buahnya.

That's true kalau pemimpin itu tinggal mengecek pekerjaan. Tapi, isi dan kualitas dari apa yang udah dikerjakan anak buah adalah 100% jadi tanggung jawab pemimpin. Untuk lingkungan dalam (intern), pemimpin boleh aja marah sama siapa aja yang buat kesalahan. Tapi kalau di luar, di mata khalayak umum, pemimpinlah yang harus menanggung dan memperbaiki. Jadi, kalau mau marah boleh, tapi harus juga bisa memotivasi dan menggerakkan anak buahnya untuk selalu do the best they can and more.

Sang pemimpin harus bisa mengambil keputusan yang bijaksana. Kalau keputusannya salah, dia harus bisa mempertanggungjawabkannya kepada anak buahnya.

So, it's not easy to be a leader. But, everybody can learn to be a leader. Nggak ada salahnya untuk belajar gimana caranya memimpin. Memang nggak mungkin kalau semua orang jadi pemimpin. Kalau semuanya jadi pemimpin, siapa yang dipimpin kan? Minimal bisa memimpin diri sendiri dan keluarga nantinya. I truly believe in that. Amin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar