Rabu, 23 April 2014

PERSIAPAN SEBELUM TRAVELING



Sebelum berbagi cerita tentang perjalanan-perjalanan, saya pengen berbagi tips persiapan-persiapan yang biasanya saya lakukan kalau mau traveling. Apa aja yang perlu dipersiapkan dan apa aja yang perlu dibawa. Beberapa teman sering bilang tas yang saya pakai itu selalu tas doraemon dan sering dapat pertanyaan, “kok bisa muat? Kok cuma dikit barang bawaannya?” Sebenarnya bukan salah tasnya, tas apa pun itu, semuanya tergantung sama apa yang kita bawa dan gimana cara packing nya.

Saya belum mahir sih masalah packing me-macking, saya juga masih banyak belajar dari blogger dan traveler lain yang jauh lebih mahir. Tapi setidaknya, pengen berbagi tips and trick nya :D

1.         Cari tahu ke mana dan bagaimana tempat yang akan didatangi

Saya paling nggak bisa kalo jalan-jalan tapi belum jelas tempat apa yang mau didatangi, terlebih lagi, nggak tau apa aja yang mau dan bisa dilakukan di sana. Saya nggak mau nyesal karna ada yang seharusnya bisa dilakukan di suatu tempat, tapi saya nggak bisa ngelakuinnya hanya karna nggak tau dan kurang info. Apalagi kalo itu tempat sangat jauh dan butuh waktu yang lama dan banyak dana buat ke sana.

Jadi, biasanya saya udah punya pertanyaan sendiri buat dicari tau
-          Tempat apa aja yang wajib didatangi?
Kalo ini emang wajib tau
-          Tempat apa yang cantik tapi masih sepi pengunjung?
Sekali-sekali mencoba anti mainstream itu baik dan nggak ada salahnya loo.. Masih banyak tempat-tempat yang sangat indah tapi belum banyak yang tau. Menurut saya jauh lebih terasa enaknya jalan-jalan, apalagi kalo belum ramai.
-          Apa aja yang bisa dilakukan di sana?
Beberapa tempat memungkinkan kita buat snorkeling, diving, surfing, kayakking, hopping island (keliling-keliling pulau seharian), extrim sport, jungle trekking, tubbing, rafting, liat tempat penangkaran dan feeding (kasi makan) hewan-hewan khas di suatu tempat (mis: penyu, orang utan, lumba-lumba). Ayo dicari tau dulu..
-          Gimana transportasi selama di sana?
Jangan sampai terluntang-lantung di suatu tempat karna nggak tau jadwal penyebrangan kapal.
-          Gimana kelengkapan fasilitas di sana?
Fasilitas seperti penginapan, konsumsi, kedai 24 jam, ATM. Jangan sampai ada barang penting yang nggak kita bawa.
-          Cek harga
Cek and riset dulu masalah harga di sana. Kalau ada yang lebih murah dengan fasilitas yang sama, kenapa harus yang mahal? Banding-bandingkan dulu harganya. Khususnya bagi yang emang udah stel backpackeran, bukan a la koper ;)
-          Apa aja makanan yang wajib dicicipi di sana?
Medan dengan durian dan sejibun makanan enaknya, aceh dengan kopi nya, sabang dengan sate gurita nya, Jogja dengan gudeg nya
-          Apa ada kebiasaan khusus penduduk setempat?
Di mana pun kita berada, selalu ingat, kita itu pendatang. Hargai penduduk setempat. Selalu sopan dan jaga tingkah laku.

Nah, kalau semuanya udah jelas, persiapan selanjutnya bisa lebih jelas. Apa yang harus dibawa dan berapa dana yang harus dipersiapkan.

2.         Buat Itinerary (Rencana Perjalanan)

Ini penting loo.. Susun jadwal dan rute perjalanan kita sendiri mulai dari berangkat sampai pulang. Jangan sampai
-          Waktu yang kita punya buat jalan-jalan jadi terbuang sia-sia
-          Ada tempat yang nggak bisa didatangi hanya karna kelamaan di satu tempat
-          Over budget karna harus muter-muter di tempat yang sama

3.         Atur budget

Budget yang biasanya perlu dipersiapkan:
-          Ongkos transportasi
-          Konsumsi
-          Penginapan
-          Biaya masuk ke tempat wisata
-          Biaya sewa peralatan dan permainan
-          Souvenir / oleh-oleh

4.         Packing

Udah jelas mau ke mana aja dan berapa lama perjalanannya, kita jadi udah tau dong apa aja yang perlu dibawa, pakaian mana aja yang seharusnya dibawa dan tas apa yang mau dipakai. Beberapa hal yang biasanya saya persiapkan:

-          Tas
Saya lebih prefer ke tas ransel untuk perjalanan jauh. Kenapa? Karna lebih mudah dibawa dan lebih nggak nyusahin, apalagi kalau rute perjalanannya pindah-pindah tempat dan pulau. Tapi ya semuanya tergantung tujuan wisatanya. Kalau memungkinkan dan perlu bawa koper, ya saya juga bawa koper. Tapi biasanya koper cuma untuk perjalanan dengan transportasi via udara aja.
Nah, kalau masih dalam perjalanan darat atau air, ransel emang jadi pilihan utama. Kalo nggak muat, bawa tas jinjing tambahan. Biasanya saya juga persiapkan tas kecil khusus untuk nyimpan dompet, hp dan catatan penting. Biar nggak susah nyari nya dan nggak kecampur sama barang-barang yang lain. Jangan lupa bawa plastik untuk tempat baju kotor juga.

-          Pakaian
Nah, kalau untuk pakaian biasanya bahan kaos jadi pilihan. Selain lebih nyaman, nggak cepat kusut juga. Pakaian yang WAJIB saya bawa biasanya:
1.       Pakaian dalam sesuai kebutuhan
2.       Sweater/cardigan/jaket (salah satu aja)
Sangat berguna di cuaca panas, apalagi dingin. Selain itu bisa dipakai juga buat mix and match. Jadi nggak gitu keliatan bajunya itu-itu aja yang dipake. Hahaha..
3.       Jilbab sesuai kebutuhan
Bawa yang warnanya netral, jadi bisa nyambung dipake ke beberapa baju dengan warna apa aja, lebih menghemat bawaan juga.
4.       Celana tidur
Kalo baju tidur biasanya saya jarang bawa. Baju yang dipake malam itu, ya itu baju tidurnya. Tapi kalo celana biasanya bawa, nggak enak juga soalnya kalo tidur pake celana jeans kan?
5.       Baju dan celana untuk mandi-mandi
Ini wajib bawa 1 pasang kalo emang ada ke pantai atau sungai. Iya, 1 aja. Kalo mau dipake untuk besoknya tinggal dijemur dulu. Pilih bahan yang nggak tembus pandang dan gampang ngeringinnya. Dan nggak perlu dibawa kalo list perjalanan nggak ada mandi-mandi nya!!
Kalau nginapnya 2 malam atau lebih saya biasanya bawa celana jeans 1 aja. Yang penting bajunya diganti, biar ga berat-beratin bawaan juga.

 Cara packing:
 Beberapa traveler dan blogger lebih menyarankan buat menggulung pakaian bawaan kita daripada dilipat. Saya udah mengamalkannya dan memang terbukti lebih menghemat space tas dan pakaian lebih nggak gampang kusut. Dan jangan lupa, susun sesuai penggunaan. Yang terakhir kali dipakai, letaknya paling bawah. 

-          Sendal / sepatu
Biasanya saya selalu pakai sendal, lebih aman dan nyaman buat kemana-mana. Atau kalau pun pake sepatu, selalu bawa sendal sepasang.
-          Obat-obatan
-          Perlatan Mandi dan make up
Bawa yang penting-penting aja. Handuk nggak usah yang besar kurang besar, tebal kurang tebal. Peralatan mandi bawa yang ukuran kecil aja. Shampo juga bisa bawa yg ukuran sachet aja.
-          Charger  / power bank
Bagi yang mungkin nggak bisa hidup tanpa gadget, ini penting dibawa. Di beberapa tempat atau pulau kecil juga biasanya listrik nggak hidup selama 24 jam, bahkan ada yang belum masuk listrik L
-          Kamera
Walaupun mata adalah lensa terbaik untuk meng-capture dan otak adalah memory terbaik untuk menyimpan cerita indahnya alam semesta, tetap aja kamera itu penting untuk hard copy nya. Minimal pake kamera hp yang sekarang pun udah banyak yang bagus fiture nya.

Itu beberapa tips and trick yang biasanya saya gunakan untuk persiapan traveling. Semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar